Skip to main content

Bagaimana Traveling Membantu Hubungan Jadi Lebih Baik

Psikolog: Bagaimana Traveling Membantu Hubungan Jadi Lebih Baik 

Travelling memiliki manfaat yang sangat besar bagi kondisi kejiwaan seseorang. Setelah travelling, seseorang akan merasa kembali segar dan ceria dengan kondisi mood yang bagus. Siapa sangka, travelling juga memberikan dampak positif terhadap sebuah hubungan. Ada manfaat-manfaat penting travelling dalam suatu hubungan yang tercipta setelah melakukan travelling.

Hal ini diungkapkan oleh Psikolog Saskhya Aulia Prima, M.Psi, saat diwawancarai oleh ZEN Rooms beberapa waktu yang lalu. Saskhya mengungkapkan bahwa banyak manfaat yang dirasakan oleh masing-masing pasangan selepas melakukan travelling bersama. Apa saja manfaatnya?
Mengembalikan Kondisi Jiwa Siap Kembali Menjalani Hubungan

“Travelling mampu membuat jiwa kita merasa recharged dan siap untuk me-managekondisi hubungan kita”, ungkap Saskhya. Ketika travelling, kondisi kejiwaan seseorang akan kembali hidup sehingga semakin bergairah untuk melanjutkan hubungan. Rasa sayang akan selalu tumbuh dan berkembang.
Jenuh adalah salah satu masalah terbesar yang membuat sebuah hubungan jadi renggang. Dengan travelling, kejenuhan terhadap masing-masing pasangan akan terhapuskan dengan sempurna. Inilah yang dinamakan #RefreshRelationship, yakni menciptakan suasana hati yang baru dalam menjalin hubungan.
Simulasi Hubungan yang Akan Datang
Selama travelling, pasangan dapat saling mengenal satu sama lain lebih dalam. Seseorang akan dengan mudah mengenali kebiasaan pasangan yang sebenarnya dibalik penampilannya yang selalu sempurna di depan orang tersebut. Bila ketika kencan biasanya pasangan akan tampil sempurna, saat liburan tentu akan kelihatan aslinya.
“Dengan travelling, kita dapat mengetahui pasangan kita tipe seperti apa, apakah dia orang yang terorganisir atau tidak”, ungkap Saskhya. Menurutnya, perbedaan antara pasangan mampu melatih diri masing-masing untuk menjadi pelengkap satu sama lain. Travelling menjadi media simulasi yang tepat dalam menjalani hubungan yang akan datang.
Belajar Toleransi
Dalam sebuah hubungan, toleransi adalah hal yang mutlak harus dilakukan masing-masing pasangan. Mau memahami merupakan kunci dalam toleransi. Travelling-lah yang akan membantu kamu untuk belajar lebih mengenai toleransi.
“Ketika travelling, kita dapat belajar bertoleransi, menghandle situasi, membangun percakapan, dan menikmati waktu refreshing bersama”
Menurut Saskhya, percakapan yang dibangun saat travelling bersama pasangan akan membuat kita belajar untuk hidup bersama. Pasti ada masalah saat travelling sekecil apapun itu. Masalah tersebut akan memaksa kita untuk belajar memahami bagaimana menanganinya bersama-sama. Sederhana saja, seperti ketika mencari tempat penginapan atau sekedar masalah tempat makan. Masalah tersebut harus diselesaikan untuk mencapai kesenangan sesama.
Menghilangkan Stress
Stress dalam sebuah hubungan sangat berbahaya. Coba bayangkan ketika pasanganmu tidak salah apa-apa kemudian kamu datang dan marah-marah. Karena merasa tak canggung, semua amarah kamu dilampiaskan ke pasangan. Akibatnya, kamu dan pasangan bertengkar besar. Ini semua bisa terjadi ketika suasana pikiran kamu sedang stress.
Travelling adalah cara yang ampuh untuk redakan stress, begitu Saskhya menekankan pentingnya travelling dalam sebuah hubungan. Ketika stress mereda, pertengkaran juga akan semakin kecil terjadi dalam sebuah hubungan.
Membangun Suasana Hati yang Gembira
“Ketika pulang travelling, bisa full charge dan happy”, tambah psikolog lulusan Universitas Indonesia ini.
Hati yang gembira, menurutnya, akan mengembalikan semangat untuk saling mencintai dan mengasihi sehingga perasaan cinta selalu baru setiap saat. Dengan demikian, rasa jenuh tak akan hinggap di hati masing-masing.
Itulah beberapa manfaat travelling pada suatu hubungan menurut pakar psikologi. Membentuk hubungan yang sehat dapat dimulai dari suatu hal yang sederhana: travelling. Jadi, tunggu apa lagi? Pastikan travelling kamu benar-benar istimewa dan menimbulkan kenangan indah bersama pasangan.


Comments

Popular posts from this blog

Beasiswa Australia 2017 – 2018 Program S2, S3

            Pemerintah Australia 2017 – 2018 tersebut siap menerima aplikasi beasiswa S2 atau beasiswa S3 untuk studi di sejumlah universitas terkemuka Australia. Ada persamaan beasiswa Australia Awards dengan beasiswa NZAS dari New Zealand. Yakni keduanya merupakan beasiswa penuh yang menawarkan beragam pilihan tujuan universitas.              Beasiswa Australia Awards 2017 – 2018 memberi kesempatan bagi kandidat Indonesia yang memiliki kualitas pribadi maupun profesional, kompetensi akademik, dan yang paling penting potensi untuk memberikan pengaruh bagi tantangan pembangunan di Indonesia. Sangat dianjurkan bagi pelamar dari kalangan perempuan, penderita disabilitas, dan mereka yang berasal dari fokus area berikut, yakni Aceh, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Papua, dan Papua Barat.              Beasiswa yang disediakan mencakup biaya kuliah penuh, biaya hidup, tiket perjalanan pp ke Australia, asuransi kesehatan, pelatihan bahasa Inggris di Indonesia sebelum kebera

Goa Surowono

Gua Surowono Kediri merupakan lorong bawah tanah dengan sungai yang airnya sangat jernih. Gua ini berada di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, yang konon merupakan sistem kanal, bagian dari  Candi Surowono , yang telah ada sejak jaman Kerajaan Kediri . Goa Surowono sebenarnya adalah aliran sungai (kanal) bawah tanah, yang menurut cerita dari penduduk setempat, sudah ada sejak jaman Kerajaan Kadiri, dan tidak ada yang tahu kapan tempat ini dibuat. Di jaman dahulu, Goa Surowono ini digunakan sebagai saluran irigasi karena berbentuk kanal dan mempunyai 5 cabang lorong utama dan panjang sekitar 800 meter bila dihitung dari ujung muara hingga bertemu aliran sungai. Karena berbentuk kanal (aliran sungai bawah tanah), rugi bila kamu berkunjung kesini dan tidak mencoba untuk memasuki terowongannya. Di awal lorong tempat masuk Goa, tingginya sekitar 160cm, bisa dilewati oleh tubuh orang dewasa. Semakin masuk ke dalam goa, lebar dan tingginy

Kepatuhan Audit Syari’ah dengan Tiga Standar AAOIFI

Oleh: Sri Sugihartati Dalam setiap kegiatan perjalanan bisnis ataupun non-bisnis, setiap lembaga memerlukan adanya sebuah pengawasan guna melihat apakah kinerja yang selama ini dijalankan apakah sesuai dengan peraturan yang berlaku secara umum atau belum. Karena secara garis besar, tujuan dari perencanaan audit adalah mendapatkan pemahaman atas bisnis dan risiko klien. Kegiatan seperti ini dilakukan oleh seorang auditor yang dalam prakteknya sekaligus sebagai pihak independen dengan tujuan untuk memberikan opini terhadap keputusan bisnis. Karenanya, lembaga keuangan syari’ah memerlukan Auditor Syari’ah untuk bertindak sebagai pengawasan dari segi syari’ah. Terdapat tiga bagian menarik yang terkait dengan kepatuhan AAOIFI, seperti halnya Dewan Pengawas Syari’ah (SSB) apakah sudah melakukan pengawasan terhadap lembaga dari sisi syari’ah, pertanggung jawaban terhadap lingkungan sosial (CSR) apakah telah disalurkan untuk kegiatan sosial, serta pengungkapan dan penyajian dari l